KEBERSIHAN LINEN HOTEL TERHADAP KEPUASAN TAMU PADA HOTEL ATSARI DI PARAPAT SUMATERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.51827/jiaa.v9i2.94Keywords:
kebersihan, linen, hotelAbstract
Kepuasan tamu memegang peranan penting yang tidak dapat diabaikan begitu saja dan menjadi tantangan yang perlu ditindak lanjuti demi mempertahankan kepuasan tamu hotel yang menginap. Kepuasan tamu dapat berupa anggapan ataupun pendapat yang positip atau negatif. tamu yang menginap pada hotel berbintang dapat menjadi puas atau tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel berbintang akan menyebabkan mereka menjadi kembali untuk menginap di hotelnya kembali atau tidak. Hal ini dapat menjadikan permasalahan apabila wisatawan mendapatkan persepsi yang negatif.
Kebersihan linen hotel seperti sprei (sheet), lapisan sprei (duvey), sarung bantal (pillow cases), handuk mandi (bath towel), dan alas mandi (bath mat) sangatlah diinginkan oleh tamu hotel yang menginap dan menyebabkan tamu hotel apakah dilain waktu dan kesempatan akan menginap kembali atau tidak.
References
George Tucker, MadelinSchneider, dan Mari Scovak, 1999. The professional Housekeeper.Furth Edition, J Wiley, New York.
Kappa, Margareth, Kappa M, Aleta Nitschke, Patricia B Schappert. 2009. Managing Housekeeping Operations.Educational Institute of The American Hotel & Motel Association.
Klára Morvay Karakas, 2019. Importance and impact of guest satisfaction. Budapest Business School. APSTRACT Vol. 8. Number 4. 2014. pages 31–37.
Kotler Philip, Amstrong Gary. 2013.Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Marina Aucamp, 2016. Housekeeping and Linen Management ( Chapter 23), International Federation of Infection Control
Nasution, S.2004. Metode Penelitian Kuantitatif, Tarsito Agung, Bandung.
Seniartha, I Wayan. 2002. Pelayanan Lena dan Pakaian Seragam. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali.
Sugiono, 2008. Metode Penelitian Kuantittif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung
Web Site:
http://www.bighospitality.P&GProfessional.Com.April,2021.
http://www.johnsons- stalbridge.com,,2021.
http://www.Simon Hemmes.lodgingmagazine.com.,2017.
https://www.tiket.com/hotel/indonesia/atsari-hotel-parapat, Mei, 2022.
https://www.hospitalitynet.org/news/4087829.html. Victoria Ward. Do you know the factors that affect guest experience?.Nexon Group, 9 April 2018.
https://www.The Impact Of CLeanHotel Linens On Guest Satisfaction. Yamamoto, North America.html, 2022.