PENGARUH KOMPETENSI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA YANG DI MEDIASI MOTIVASI KERJA KARYAWAN HOTEL HARPER YOGYAKARTA

Authors

  • Samsul Huda Hotel Harper Yogyakarta
  • Rahmat Abdullah Politeknik Perikanan Negeri Tual

DOI:

https://doi.org/10.51827/jiaa.v9i1.72

Keywords:

Kompetensi, Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Hotel Harper Yogyakarta, bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan Pengaruh Kompetensi dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan yang di Mediasi oleh Motivasi Kerja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara, dengan populasi sebanyak 65 orang dan sensus dipakai sebagai teknik pengambilan sampel. Data diuji serta di analisis menggunakan regresi linear berganda dengan analisis jalur (path Analysis). Hasil uji hipotesis pada model 1 dan 2 menunjukan bahwa kompetensi karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja dan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepemimpinan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap motivasi kerja dan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil uji analisis jalur menunjukan bahwa, motivasi kerja memediasi pengaruh kompetensi karyawan terhadap kinerja karyawan sedangkan motivasi kerja tidak memediasi pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Hotel Harper Yogyakarta.

References

Abdullah, R. (2020). Pengaruh Stres dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja yang Dimediasi Motivasi Kerja Karyawan Hotel MM UGM Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 3(2), 126-134.
Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber daya Manusia. Bandung: Erlangga
Basri, Z.H. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Maxone Palembang. Palembang: Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Palembang.
Dinas Pariwisata Provinsi D.I Yogyakarta. (2019). Statistik Kepariwisataan 2018. Yogyakarta: Dinas Pariwisata Provinsi D.I Yogyakarta
Kadarisman, M. 2012. Manajemen kompensasi. Jakarta: Rajawali pers
Mangkunegara, A. A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ngatemin dan Arumwanti, W. (2012). Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Hotel di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 12(2).
Nurcahyo, A. (2011). Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada PT. Quadra Mitra Perkasa Balikpapan. Jurnal Eksis, 7(2), 1972-1982.
Puspitasari, M. O. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel mediasi Studi kasus pada karyawan Hotel Cakra Kembang Yogyakarta (Doctoral dissertation, Tesis).
Prasastono, N. (2012). Pengaruh gaya kepemimpinan dan kompensasi terhadap motivasi kerja karyawan hotel muria semarang. Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan, 11(2).
Rapika, R., & Sulaiman, S. (2020). Pengaruh Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dimana Disiplin dan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Dinas Keuangan Kabupaten Gayo Lues. Jurnal Ilmiah Manajemen Gayo Lues, 1(1).
Robbins dan Judge. (2008) Perilaku Organisasi. Edisi Dua Belas. Jakarta: Salemba.
Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja. Bandung: Rafika aditama.
Siagian, S.P. (2009). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Silvia, S., Bagia, I. W., & Cipta, W. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia, 7(1), 9-16.
Siregar, E.P. (2020). Pengaruh Pengawasan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara. Medan: Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Sugiyono, D. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.

Published

2022-04-30

How to Cite

[1]
S. Huda and R. Abdullah, “PENGARUH KOMPETENSI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA YANG DI MEDIASI MOTIVASI KERJA KARYAWAN HOTEL HARPER YOGYAKARTA”, JIAA, vol. 9, no. 1, pp. 21-30, Apr. 2022.