TEKNIK PROMOSI PAKET WISATA RELIGI YERUSALEM DI PT. GREEN DELI HOLIDAYS TOUR &AMP TRAVEL MEDAN

Authors

  • Krisna Gerda Simanjuntak Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung

DOI:

https://doi.org/10.51827/jiaa.v6i2.35

Keywords:

Teknik promosi, paket wisata religi

Abstract

Penelitian ini berjudul : Teknik Promosi Paket Wisata Religi Yerusalem Di PT. Green Deli Holidays Tour & Travel Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik promosi paket wisata religi Yerusalem dan kendala yang dihadapi dalam promosi paket wisata religi Yerusalem di PT. Green Deli Holidays Tour & Travel Medan. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah teknik promosi paket wisata rohani Yerusalem. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yaitu seluruh karyawan PT. Green Deli Holidays Tour & Travel Medan (karena semua terlibat dalam kegiatan promosi) yang berjumlah 4 orang di tambah 1 orang pemilik. Pengumpulan data dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan melalui wawancara dan observasi. Penelitian dilakukan di :PT. Green Deli Holidays Tour & Travel Medan. Jln. Menteng Raya No. 385B, Binjai, Medan Denai, Kota Medan. Website : www. Greendeliholidays.co.id . Waktu penelitian dilakukan mulai tanggal 13 Agustus – 30 Agustus 2018. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa teknik promosi belum dilaksanakan secara maksimal. Teknik promosi yang belum dilaksanakan tersebut adalah kekurangan tenaga promosi dan tidak adanya public relations yang menjaga image perusahaan termasuk produk jasa yang dipasarkan. Tenaga promosi yang ada belum handal melakukan promosi. Kekurangan tenaga promosi ini disebabkan keterbatasan biaya. Pemasangan iklan belum dilakukan padahal iklan dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas. Dalam hal penyediaan sales support sudah cukup baik karena selalu menyediakan brosur sebagai alat promosi. Perencanaan selalu dibuat sesuai prinsip sebelum promosi dilaksanakan. Hasil lain memperlihatkan bahwa penjualan paket wisata religi Yeruslem yang tidak mengalami peningkatan bukan karena penyusunan paket wisata karena penyusunan paket wisata religi Yerusalem sudah dilakukan semenarik mungkin dan sesuai kebutuhan. Kendala yang dihadapi dalam promosi paket wisata religi Yerusalem di PT. Green Deli Holidays Tour & Travel Medan adalah kurangnya tenaga promosi dan tidak adanya public relation. Tenaga promosi yang ada belum semua terampil mempengaruhi calon pelanggan agar mau membeli paket wisata religi Yerusalem. Kendala berikutnya adalah harga paket wisata religi Yerusalem bila dirupiahkan terbilang mahal sehingga mereka menunda atau tidak membeli paket tersebut dengan memilih paket wisata lain atau lebih mendahulukan memenuhi kebutuhan yang lebih penting.

Published

2019-10-30

How to Cite

[1]
K. G. . Simanjuntak, “TEKNIK PROMOSI PAKET WISATA RELIGI YERUSALEM DI PT. GREEN DELI HOLIDAYS TOUR &AMP TRAVEL MEDAN”, JIAA, vol. 6, no. 2, pp. 11-25, Oct. 2019.