MENGEKSPLORASI STRATEGI PEMASARAN JAJANAN TRADISIONAL DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN DI DESA WISATA KAMPUNG WARNA WARNI TIGARIHIT KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Bobby Rahman Politeknik Pariwisata Medan
  • Zulkhaidir Pohan Politeknik Pariwisata Medan

Keywords:

strategi pemasaran, jajanan tradisional, Minat wisatawan, Desa wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas strategi pemasaran jajanan tradisional dalam menarik minat wisatawan di Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit, Kabupaten Simalungun. Desa ini memiliki potensi sebagai destinasi wisata dengan daya tarik kuliner tradisional yang merepresentasikan budaya lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala desa, anggota Pokdarwis, pelaku usaha jajanan tradisional, dan pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi lisan (word of mouth) dan event lokal masih menjadi strategi pemasaran utama, meskipun terbatas dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Penggunaan media sosial mulai dimanfaatkan oleh beberapa pelaku usaha dan Pokdarwis, namun penerapannya belum optimal karena keterbatasan keterampilan digital. Respon positif wisatawan terhadap jajanan tradisional yang unik dan autentik mengindikasikan potensi pengembangan lebih lanjut, terutama dengan inovasi pada kemasan dan cita rasa untuk menarik minat generasi muda. Penelitian ini menyarankan peningkatan keterampilan pemasaran digital, perbaikan infrastruktur pendukung, serta kolaborasi dengan pihak eksternal untuk memperkuat branding Desa Wisata Tigarihit sebagai destinasi kuliner khas.

References

Andriani, R., Brahmanto, E., & Purba, B. C. S. (2019). Value tari sigale-gale dalam meningkatkan wisata budaya di desa tomok kabupaten samosir. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 2(1), 25-35.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Rukmana, D. (2018). Mixed Methods Research in Urban Studies: A Methodological Overview. The Journal of Planning Education and Research, 38(4), pp. 491-505.

Singhal, A., & Rogers, E. M. (2003). The status of entertainment-education worldwide. In Entertainment-education and social change (pp. 25-42). Routledge.

Yacob, B., & Santoso, E. B. (2018). Prioritas Pengembangan Infrastruktur Pada Kawasan Ekonomi Khusus Bidang Pariwisata Tanjung Lesung Di Kabupaten Pandeglang. JURNAL PENATAAN RUANG, 13 (2), 35-39.

Published

2024-10-30

How to Cite

[1]
B. Rahman and Z. Pohan, “MENGEKSPLORASI STRATEGI PEMASARAN JAJANAN TRADISIONAL DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN DI DESA WISATA KAMPUNG WARNA WARNI TIGARIHIT KABUPATEN SIMALUNGUN”, JIAA, vol. 11, no. 2, pp. 42-52, Oct. 2024.