PENGARUH PELAYANAN, HARGA TERHADAP USAHA MAKANAN DAN MINUMAN PADA DESA MELATI 2 KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN DELI SERDANG
DOI:
https://doi.org/10.51827/jiaa.v11i1.159Keywords:
Pelayanan, Harga dan Usaha Makanan dan MinumanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pelayanan, harga terhadap usaha makanan dan minuman di desa melati II kecamatan perbaungan kabupaten deli serdang. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pada variable bebas yaitu variable usaha makanan dan minuman dan variable terikat yaitu pelayanan, harga. Semua pernyataan valid, reliabel dan normal. Pengaruh Pelayanan, Harga Terhadap usaha makanan dan minuman, berdasarkan pengujian yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan dengan nilai koefisien 0.010 dapat dilihat bahwa variable pelayanan (X1 dan variabelharga (X2) 0.036. Jika kualitaspelayanan di tingkatkan sebesar satu poin, maka usaha makanan dan minuman akan bertambah sebesar 10,0%, setiap kenaikan tingkat harga sebesar satu poin maka usaha makanan dan minuman akan mengalami kenaikan sebesar 36,0%. Kualitas pelayanan (X1), harga (X2) yang memiliki hubungan yang kuat terhadap usaha makanan dan minuman dapat dilihat pada nilai R Square sebesardeterminasi (R2) sebesar 0,465 atau 46,5%, yang menunjukkan bahwa variable independen yang terdiri kualitas pelayanan, harga dan lokasi dapat dijelaskan dengan usaha makanan dan minuman sebesar 46,5% mampu menjelaskan variable dependen yaitu usaha makanan dan minuman (Y) sedangkan sisanya sebesar 53,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelayanan, harga berpengaruh signifikan terhadap usaha makanan dan minuman di desa melati II kecamatan perbaungan kabupaten deli serdang.
References
Atmaja, Lukas, Setia. Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: Andi, 2009.
Basu, Swastha. Strategi Pemasaran Edisi Ketiga, Yogyakarta: BPFE, 2008.
Bi Rahmani Nur Ahmadi, Metode Penelitian Ekonomi, Medan: Febi Uin Su Press, 2016.
Danang, Sunyoto.Teori Kuesioner dan Analisis Data, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Goodman, Raymond J. Service Management Edisi Kedua, Jakarta: Erlangga, 2002.
Hamdani, A dan Lupyoadi. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua, Jakarta: Salemba Empat, 2011.
Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabeta, 2005.
Lina Sari Situmeang, “pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan istana hotplate medan” Skripsi Ilmu Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan,2017
Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing, 2004. Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran, Jakarta: Indeks, 2001.