HUBUNGAN CITARASA DAN JENIS MAKANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU PADA KULINER MALAM PASAR KAGET BERASTAGI DI KARO
DOI:
https://doi.org/10.51827/jiaa.v11i1.146Keywords:
Citarasa, menu dan kepuasan tamu, kuliner pasar kaget BerastagiAbstract
Cita rasa merupakan hasil kerja pengecap rasa (taste buds) yg terletak di lidah, pipi, kerongkongan, atap mulut, tamu adalah orang yang datang berkunjung (melawat dan sebagainya) ke tempat orang lain atau ke perjamuanKepuasan Pelanggan - Kepuasan (Satisfaction) adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja (atau hasil) yang diharapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif/ hubungan dengan pendekatan kuantitatif. Dengan penelitian ini maka akan dapat dibangun suatu teori yang dapat berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan dan mengontrol suatu gejala . Subjek dalam penelitian ini adalah para tamu/pengunjung yang datan ke pusat kuliner pasar kaget Berastagi, berjumlah 100 responden. Data dikumpulkan dengan memberikan kuesioner dalam bentuk angket, kemudian angket tersebut dikumpul sebagai data, lalu data tersebut olah menggunakan SPSS. Adapun hasil analisis menunjukan bahwasanya dapat diambil ke simpulan bahwa Hubungan antara citarasa dan kepuasan tamu sangat lemah hal ini dapat terjadi karena tamu atau pembeli yang membeli makanan dan minuman yang ada di kuliner malam pasar kaget Berastagi datang membeli karena tidak ada pilihan , artinya kuliner yang beroperasional dimalam hari dibidang kuliner hingga menjelang subuh hanya ada di pasar kaget tersebut dan berlokasi di sepanjang jalan lintas Berastagi ke daerah lain seperti Dairi dan Aceh, sehingga tamu atau pembeli yang datangpun kurang perhatian terhadap citarasa makanan yang dijual,
References
Drummond&brefere (2010) buku ajar ahli gizi, penerbit buku kedokteran.
Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi
I Made Wirarta,2006, Metodelogi Penelitian Sosial Ekonomi, Andi,Yogyakarta
Ikhsan,2006, Kesehatan Keselamatan kerja, Erlangga,Jakarta.
Juliandi, irfan&manurung (2015) metodologi penelitian bisnis konsep&aplikasi, UMSU Press, Medan
Kolter 2003 kepuasan tamu manajemen pemasaran: analisis perencanaan, implementasi& control, Jakarta, PT Prehalindo.
Kolter&amstrong (2012) dasar-dasar pemasaran jilid I, alih bahasa alexander sindiro dan benyamin molan, Jakarta, penerbit prenhalindo
Krisdayanto (2018) Analisis pengaruh harga kualitas pelayanan fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di I café lina putra net percetakan journal of management.
Lovelock&wirtz (2011) pemasaran jasa edisi ke 7, Jakarta, erlangga
Moehji (1992) penyelenggaraan makanan industry dan jasa boga, Jakarta,
se, D.K. and Wilton, P.C. (1988) Models of Consumer Satisfaction Formation: An Extension. Journal of Marketing Research.
Soegiono (2012) memahami penelitian kualitatif, bandung, alfabeta .
Tse dan Wilton (1988). Kepuasan Pelanggan, jilid 2. Edisi ketiga. Klaten : PT. Indeks Kelompok Gramedia.