IMPLEMENTASI BUSINESS MODEL DALAM OPTIMALISASI REVENUE PADA BISNIS LODGING DAN PELAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN KECAMATAN AJIBATA KABUPATEN TOBA
DOI:
https://doi.org/10.51827/jiaa.v10i1.104Keywords:
pendapatan, pengelola, lodging, layanan, peluangAbstract
Penelitian ini bertujuana untuk mengetahui efektivitas strategi pengelola homestay dan penyedia makanan dan minuman untuk mengoptimakan revenue perusahaan yang berada di daerah wisata Ajibata Kabupaten Toba. Penelitian ini adalah peneltian asosiatif dan sampel penelotian ini adalah beberapa homestay dan rumah makan yang berada di daerah penelitian serta para pengunjung homestay dan rumah makan. Hasil penelitian ini a adalah sumber pendapatan pada bisnis usaha akomodasi dan di lokasi penelitian hanya dari satu sumber saja yaitu penjualan kamar saja, walaupun pada kenyataannya para tamu juga masih membutuhkan produk dan jasa lain yang tidak tersedia. Beberapa kebutuhan yang masih belum terpenuhi oleh pengusaha akomodasi seperti penjualan bumbu khas Toba, layanan makanan dan minuman penjualan jajanan tradisional, penyewaan alat rekreasi, rental kendaraan, penyewaan pakaian tradisional, serta jasa laundry, Demikian pula sumber pendapatan para pengelola dan pemilik usaha layanan makanan dan minuman juga hanya dari penjualan makanan dan minuman saja yang tentu saja sangat terbatas sebagai sumber pemasukan. Sebenarnya masih ada terbuka pelunag untuk menyediakan penjualan bumbu khas Toba, penjualan souvenir, penyewaan kendaraan baik kendaraan roda dua maupun roda empat, penyewaanalatrekreasi, penjualan paket liburan, penyewaan/penjualan pakaian tradisional, arena bermain anak, layanan pemandu wisata dan tempat pembelian oleh-oleh dengan skor yang sama, dan penjualan jajanan tradisional.
References
Aquilano, Nicholas J., Chase, Richard B dan Jacobs, F Robert. (2014). Operations, and Supply Chain Management. 14th Edition. Singapore: McGraw-HillEducation.
Arthur A. Thompson, M. A. (2016). Crafting and executing strategy: the quest for competitive advant-age, concepts and
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pema-saran edisi 12 Jilid 1& 2.Jakarta: PT. Indeks.
Mill, Robert Christie; Terj. Tri Budi Sastrio.2000. Tourism The International Business. Jakarta : PT Raja Grafindo readings. New York: McGraw-Hill Education.
Slack, N., Chambers, S dan Johnston Robert. Operations and Product-ion Management. 3th Edition. Pearson Education. 2001.
Zacharaki S., Andrew, Spinelli, S., & Timmons, A.J. (2011). Business plans that work (2nd ed.). New York: Mc Graw Hill.
ISSU.com