STRATEGI PENGEMBANGAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN LOKAL DAN INTERNATIONAL PADA HOMESTAY DI KABUPATEN TANAH KARO

Authors

  • Jerry Wilson Politeknik Pariwisata Medan

DOI:

https://doi.org/10.51827/jiaa.v9i1.77

Keywords:

Kata Kunci: Homestay, Minat kunjungan, faktor pendukung

Abstract

Homestay adalah sarana tinggal yang dapat membantu wisatawan untuk tinggal sementara selama kunjungannya di suatu tempat atau objek wisata. Istilah homestay umumnya bekerja di muka dan akan mencakup item seperti jenis akomodasi, lama tinggal, pekerjaan yang diperlukan untuk dilakukan (misalnya, membersihkan, pencucian, membantu di sebuah peternakan), jam malam, penggunaan utilitas dan internet, televisi atau telepon, dan aturan yang terkait dengan merokok, minum, dan obat-obatan.

Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisir jumlah  homestay yang berada di Kabupaten Tanah Karo. Mengetahui minat kunjungan tamu pada homestay di kabupaten tanah karo. Mendeskripsikan sejauh mana faktor faktor yang mempengaruhi tingkat kunjungan pada homestay di Kabupaten Tanah Karo.

Hasil penelitian lebih lanjut dilapangan bahwa jumlah homestay yang ada di Kabupaten Karo tidak banyak. Yang dikenal oleh wisatawan seperti Wisma sibayak, Losmen sibayak dan Nachelle Homestay. Wisatawan lokal maupun internasional ada yang pernah menginap di homestay dan ada juga yang belum pernah menginap di homestay. Tingkat kunjungan wisatawan lokal dan internasional yang masih terbatas.  Hasil dari penyebaran angket yang dilakukan, penulis mendapatkan beberapa informasi yang berguna mengenai faktor pendukung dari pengunjung yang menginap dan juga informasi dari pemerintah setempat di Kabupaten Karo. Semua opini yang diberikan menekankan bahwa Homestay yang memberikan pelayanan kepada tamu harus menekankan kepada lokasi homestay yang strategis ke lokasi objek wisata, fasilitas yang tersedia, kebersihan homestay, aktifitas yang membuat tamu merasa nyaman untuk tinggal pada homestay, keamanan serta harga yang ditawarkan oleh pemilik homestay.

 

 

 

Kata Kunci: Homestay, Minat kunjungan, faktor pendukung

References

A.J.Muljadi, 2014, Kepariwisataan dan Perjalanan, Jakarta: Rajawali Press

Bangkaru Mahmud, 2001, Handbook to North Sumatera. Banda Aceh. Penerbit Balohan Haloban

Nawawi.2003. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Oka A Yoeti, 1982, Pengantar Ilmu Pariwisata, Bandung: Penerbit Angkasa

P, Nyoman Suwandi, 1994, Ilmu Pariwisata, Jakarta: Pradnya Paramita

Pitana, I Gde. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

Suwantoro, Gamal, 2004, Dasar dasar Pariwisata, Yogyakarta: Andi Offset

Syafhie, Inu Kencana, 2009, Pengantar Ilmu Pariwisata, Bandung: Penerbit CV Mandar Maju

Syamsuridjal, 1996, Peluang Di Bidang Pariwisata, Jakarta Pusat: Mutiara Sumber Widya

Wardiyanta. 2006. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

www.brainyencyclopedia.com

https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Karo

https://karokab.bps.go.id/backend/pdf_publikasi/Karo-Dalam-Angka-2015.pdf

http://pariwisatakaro.blogspot.co.id/

https://en.wikipedia.org/wiki/Homestay

http://khoirulf.blogspot.co.id/2011/01/pengertian-akomodasi.html

Published

2022-04-30

How to Cite

[1]
J. Wilson, “STRATEGI PENGEMBANGAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN LOKAL DAN INTERNATIONAL PADA HOMESTAY DI KABUPATEN TANAH KARO”, JIAA, vol. 9, no. 1, pp. 48-67, Apr. 2022.