PENGARUH WAKTU BELAJAR, MOTIVASI DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP IPK MAHASISWA
Keywords:
Waktu belajar, Motivasi, Pemakaian Internet, IPK, Regresi linier berganda, SPSSAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh waktu belajar, motivasi, dan pemakaian internet terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif pada Program Studi X di Universitas Y pada tahun akademik 2024/2025. Sampel penelitian sebanyak 20 mahasiswa dipilih dengan memakai teknik purposive sampling dari populasi 100. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta data IPK diambil dari administrasi akademik.
Analisis data dilakukan dengan memakai metode regresi linier berganda melalui software SPSS versi 25. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa variabel Waktu belajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPK mahasiswa. Motivasi belajar (X2) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPK. Penggunaa internet (X3) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IPK mahasiswa. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap IPK mahasiswa, dengan nilai (Sig. F = 0.000). Koefisien determinasi (R²) sebesar 0.851, yang berarti 85,1% variasi IPK dapat dijelaskan oleh variabel jam belajar, motivasi, dan pemakaian internet, sedangkan sisanya 14,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berasarkan hasil tersebut, disarankan kepada mahasiswa untuk meningkatkan waktu belajar dan motivasi belajar secara optimal serta mengatur pemakaian internet, agar tidak mengganggu prestasi akademik. Selain itu, pihak kampus dapat memberikan pembinaan terkait manajemen waktu belajar dan pemakaian internet yang efektif.
References
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. Plenum.
Hasanah, N. (2021). Pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 7(2), 123-134.
Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2017). Internet addiction: A systematic review of epidemiological research for the last decade. Current Pharmaceutical Design, 23(40), 6369-6379.
Nugroho, A. (2019). Pengaruh jam belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi, 8(1), 45-53.
Putri, R. A. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(3), 201-210.
Rahman, F. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi IPK mahasiswa: Studi kasus pada Universitas X. Jurnal Pendidikan Tinggi, 9(4), 88-97.
Santrock, J. W. (2018). Educational psychology (6th ed.). McGraw-Hill Education.
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a self-regulated learner: An overview. Theory Into Practice, 41(2), 64-70.