MEMAHAMI PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN JAJANAN TRADISIONAL DI DESA WISATA KAMPUNG WARNA WARNI TIGARIHIT KABUPATEN SIMALUNGUN
Keywords:
Teknologi pemasaran, Jajanan tradisional, persepsi wisatawan, desa wisataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi wisatawan terhadap pemanfaatan teknologi pemasaran dalam mempromosikan jajanan tradisional di Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit, Kabupaten Simalungun, serta mengevaluasi efektivitas platform online dalam meningkatkan minat wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar wisatawan memiliki persepsi positif terhadap penggunaan media sosial dan platform digital, yang dianggap memudahkan akses informasi tentang jajanan tradisional sebelum kunjungan. Visualisasi menarik seperti foto dan video terbukti efektif dalam meningkatkan minat wisatawan, sementara ulasan positif dari wisatawan lain membantu memperkuat citra positif jajanan tersebut. Namun, keterbatasan keterampilan digital di kalangan pelaku usaha lokal menjadi kendala dalam pemanfaatan teknologi secara optimal. Oleh karena itu, disarankan adanya pelatihan digital bagi pelaku usaha lokal untuk meningkatkan efektivitas promosi jajanan tradisional di era digital.
References
Arifin, B., & Ibrahim, S. (2018). Struktur, bioaktivitas dan antioksidan flavonoid. Jurnal Zarah, 6(1), 21–29.
Armstrong, J. S., & Green, K. C. (2018). Forecasting methods and principles: Evidence-based checklists. Journal of Global Scholars of Marketing Science, 28(2), 103–159.
Baker, S. R., Bloom, N., Davis, S. J., & Terry, S. J. (2020). Covid-induced economic uncertainty. National Bureau of Economic Research.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.
Chan, H. F., Supriyadi, M. W., & Torgler, B. (2017). Trust and tax morale.
Goodwin, H., & Santilli, R. (2009). Community-based tourism: A success. ICRT Occasional Paper, 11(1), 37.
Holliman, G., & Rowley, J. (2014). Business to business digital content marketing: marketers’ perceptions of best practice. Journal of Research in Interactive Marketing, 8(4), 269–293.
Huang, Z., & Benyoucef, M. (2013). User-centered investigation of social commerce design. Online Communities and Social Computing: 5th International Conference, OCSC 2013, Held as Part of HCI International 2013, Las Vegas, NV, USA, July 21-26, 2013. Proceedings 5, 287–295.
Intan, T., Handayani, V. T., & Hasanah, F. (2020). Edukasi Budaya Jajan Sehat Pada Siswa-Siswi Sdn Jatinangor (Analisis Situasional Dan Rencana Solusi). Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(1), 31–38.
Ismi, D. P., Normawati, D., Hendri, A., & Jones, S. (2019). Pembuatan dan pelatihan aplikasi teknologi informasi untuk pembelajaran sikap tanggap bencana pada SD Muhammadiyah di Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September, 521–532.
Järvinen, J., & Karjaluoto, H. (2015). The use of Web analytics for digital marketing performance measurement. Industrial Marketing Management, 50, 117–127.
Keller, K. L., Kotler, P., & Manceau, D. (2016). Marketing Management (15e ed.). England: Pearson Education Limited.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0 Versión México: Tecnología para la humanidad. Lid Editorial Mexicana SA de CV.
Nuryanti, S., & Swastika, D. K. S. (2019). Peran kelompok tani dalam penerapan teknologi pertanian.
Park, R. J., Goodman, J., Hurwitz, M., & Smith, J. (2020). Heat and learning. American Economic Journal: Economic Policy, 12(2), 306–339.
Sarjono, H., & Julianita, W. (2015). Structural equation modeling (sem): sebuah pengantar, aplikasi untuk penelitian bisnis. Salemba Empat, 7.
Singhal, A., & Rogers, E. M. (2003). The status of entertainment-education worldwide. In Entertainment-education and social change (pp. 25–42). Routledge.
Sumarmawati, E. D., & Rachman, A. N. (2019). Peran Perempuan dalam Pengembangan Ekonomi Daerah pada UMKM. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 10(1), 72–85.
Wejnert, B. (2002). Integrating models of diffusion of innovations: A conceptual framework. Annual Review of Sociology, 28(1), 297–326.
Wishart, D. S., Feunang, Y. D., Marcu, A., Guo, A. C., Liang, K., Vázquez-Fresno, R., Sajed, T., Johnson, D., Li, C., & Karu, N. (2018). HMDB 4.0: the human metabolome database for 2018. Nucleic Acids Research, 46(D1), D608–D617.