Strategi Hotel di Indonesia untuk Bertahan di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.51827/jiaa.v10i1.113Abstract
Dampak pandemi Covid-19 pada industri perhotelan di Indonesia tentu sangat merugikan. Namun, hotel-hotel di Indonesia umumnya bisa bertahan dan mempertahankan bisnis mereka di tengah situasi yang sulit ini. Itu sebabnya penulis tertarik melakukan penelitian berjudul "Strategi Hotel di Indonesia untuk Bertahan di Masa Pandemi Covid-19".Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka. Simpulan penelitian ini, tingkat hunian hotel di Indonesia mengalami penurunan signifikan sejak pandemi Covid-19 melanda, dengan beberapa hotel melaporkan tingkat hunian di bawah 30%. Namun, terdapat beberapa peningkatan selama liburan Idul Fitri dan liburan lainnya. Dampak pandemi Covid-19 terhadap bisnis perhotelan di Indonesia sangat besar, dengan penurunan pendapatan hingga 80-90% dan berkurangnya permintaan layanan akibat berkurangnya jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Hotel-hotel di Indonesia menghadapi dampak tersebut dengan mengadopsi protokol kesehatan yang ketat, menyesuaikan pola operasi hotel, dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman tamu. Terdapat beberapa strategi yang telah diterapkan oleh hotel-hotel di Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19, antara lain mengoptimalkan ketersediaan kamar untuk keperluan karantina mandiri, meningkatkan promosi paket-paket menginap jangka panjang, menawarkan layanan katering, mengadopsi teknologi untuk meningkatkan pengalaman tamu, dan menyediakan program-program fleksibel untuk perubahan atau pembatalan reservasi.
Kata kunci:hotel,pandemi covid-19,strategi bertahan
References
Diayudha, L. (2020). Industri Perhotelan Di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Deskriptif. Journal FAME: Journal Food And Beverage, Product And Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 3(1). doi:http://dx.doi.org/10.30813/fame.v3i1.2166
Hendriyati, Lutfi., Santoso,Ihsan Budi.(2021), Strategi Pemasaran Food and Beverage untuk Meningkatkan Penjualan pada Masa Pandemi Covid-19 di Cavinton Hotel Yogyakarta, Indonesia. Journal of Tourism and Economic, Journal of Tourism and Economic Vol.4, No.1, 2021, Page 60-72, DOI: https://doi.org/10.36594/jtec.v4i1.111
Herawati, T. ., Setyawan , H. ., & Syah , F. . (2022). STRATEGI PEMASARAN HOTEL KOLLEKTIV BANDUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19. EPIGRAM (e-Journal), 19(1), 90–97. https://doi.org/10.32722/epi.v19i1.4329
Ibrahim, I. D. K., Sidharta, R. B. F. I., & Rodhi, M. N. (2020). Hubungan Antara Job Insecurity Terhadap Stres Karyawan Pelaku Pariwisata Perhotelan Akibat Dampak Pandemi Covid-19 (Studi Pada Karyawan Golden Palace Hotel Lombok). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(2), 223-237. https://doi.org/10.33059/jmk.v9i2.2627
Irianto, A., Jumail, M., & Rosida, L. (2021). PENERAPAN MANAJEMEN KRISIS PADA HOTEL THE OBEROI LOMBOK DI MASA PANDEMI COVID-19. Journal Of Responsible Tourism, 1(2), 133-140. https://doi.org/10.47492/jrt.v1i1.1000
Kristiana, Y., Yohanes, D., & Gunawan, Y. (2021). STRATEGI ADAPTASI ALLIUM TANGERANG HOTEL PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pariwisata Pesona, 6(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.26905/jpp.v6i1.5359
Masatip, A., Maemunah, I., Rosari, D., Anggreani,C.(2020).Analisis Strategi Pemasaran pada Hotel Inna Parapat dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Akademi Pariwisata Medan,8(2), 150-159. https://doi.org/10.36983/japm.v8i2.85
Moleong (2010).Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya
Utama, I Gusti Bagus Rai (2012). Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan, Yogyakarta : CV Andi Offset
Wahyuni, D. (2021). Upaya Pemulihan Pariwisata Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 12(2), 121–137. doi:https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2502