PELATIHAN PEMBUATAN VARIASI TOPPING DONUT BAGI PELAKU UMKM KOTA MEDAN, SUMATERA UTARA

  • Binur Pretty Napitupulu Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Nirwaty Tarigan Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Ivan Benedict Tambunan Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Mega Williandani Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Lyandru Togu Tambunan Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Bambang Famuji Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu masyarakat agar dapat berwawasan luas dan mempunyai pemikiran positif dalam menjalani hidup sebagai masyarakat yang maju, cerdas dan mempunyai nilai yang dapat dijadikan pedoman hidup serta berguna kepada masyarakat lainnya. Oleh sebab itu kegiatan kepada masyarakat ini adalah sebagai kegiatan rutin bagi dosen berdasarkan triguna darma perguruan tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kondisi pandemi Covid 19 telah menyadarkan kita bahwa transaksi secara online telah mempengaruhi gaya jual beli khususnya kaum millennial, penjualan dan pembelian secara online telah mempermudah kita dalam memproduksi dan membeli kebutuhan kita sehari - hari tampa harus datang ke tempatnya langsung. Dengan mudahnya bertransaksi jual beli maka banyaknya saingan di jual beli di toko online khususnya di kuliner seperti Donut, meskipun donut adalah makanan yang sudah ada pada dahulu kala akan tetapi peminat donut semakin menjamur dengan variasi yang begitu bnayak dan modern. Variasi ataupun topping pada donut itu sendiri yang dapat menggugah selera para pembeli, terlebih lagi variasi donut yang menggunakan glaze yang mengkilat dengan berbagai rasa serta warna. Program kali ini memberikan pelatihan kepada masyarakat lokal dengan membverikan kursus kilat dalam mendekorasi donut sebagai topping dan juga bagaimana mengemas donut agar mudah di antar melalui jasa pengantaran. Kegiatan ini sangat membantu para UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Perlunya masyarakat mengetahui dan mempraktekkannya agar dapat meningkatkan hasil penjualan.

Published
2022-03-30