Promosi Potensi Pariwisata melalui Pemanfaatan Media Sosial

  • Bantors Sihombing Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Nirwaty Tarigan Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Padriadi Wiharjokusumo Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Lyandru Togu Mulia Tambunan Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Novita Romauli Saragih Universitas Darma Agung
Keywords: media sosial, pariwisata

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Indonesia memiliki banyak destinasi pariwisata yang menarik dan beragam, baik alam, budaya, maupun buatan. Namun, tidak semua destinasi pariwisata tersebut dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan, baik mancanegara maupun domestik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya promosi dan informasi yang tersedia tentang potensi pariwisata tersebut.Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi pariwisata. Media sosial merupakan salah satu media komunikasi yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya generasi muda. Media sosial memiliki keunggulan dalam hal kemudahan, kecepatan, dan luasnya jangkauan dalam menyebarkan informasi dan promosi. Selain itu, media sosial juga dapat menampilkan konten yang menarik dan interaktif, seperti foto, video, animasi, dan lain-lain.Kata kunci:media sosiak, promosi, pariwisata,potensi. Media sosial merubah sebuah komunikasi menjadi dialog interaktik yang mana satu sama lain bisa langsung berbagi informasi, pendapat, ide. Contoh media sosial antara lain : Facebook, Instagram, Youtube, Blog, Twitter, Messenger, WhatsApp dan masih banyak lagi. Dan sejak tahun 2018 muncullah aplikasi Tik tok yang digunakan sebagai sarana promosi yang dapat memberikan informasi yang tidak memerlukan biaya yang tinggi, tidak memerlukan tenaga yang banyak dan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat.

Published
2023-09-30