Pengabdian Kepada Masyarakat Di Gereja Bethel Avia English Service Medan: Implementasi Manajemen Diri Mahasiswa Dalam Pendidikan Kristen

  • Padriadi Wiharjokusumo
  • Padriadi Wiharjokusumo
  • Dameria Girsang
  • Nirwaty Tarigan
  • Bantors Sihombing
  • Lyandru Togu Mulia Tambunan
  • Novita Romauli Saragih

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan manajemen diri mahasiswa dalam pendidikan Kristen yang beribadah di GBI AVIA Setia Budi English Service Medan. Manajemen diri adalah kemampuan individu untuk mengatur dirinya sendiri secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan hidupnya. Pendidikan Kristen adalah proses pembelajaran yang berdasarkan nilai-nilai Kristiani dan Alkitab. GBI AVIA Setia Budi English Service adalah sebuah gereja yang menyelenggarakan ibadah dalam bahasa Inggris dan memiliki visi untuk membangun generasi muda yang berdampak bagi bangsa dan dunia.

Metode yang digunakan dalam PKM ini meliputi penyampaian materi tentang Manajemen Diri dan diskusi kelompok. Kegiatan dilakukan selama satu hari melibatkan 27 mahasiswa yang terdiri dari berbagai prodi yang aktif beribadah di GBI AVIA Setia Budi English Service Medan dan 5 dosen dari Akademi Pariwisata & Perhotelan Darma Agung serta 1 dosen dari Universitas Darma Agung.

Hasil dari PKM ini menunjukkan bahwa manajemen diri mahasiswa dalam pendidikan Kristen yang beribadah di GBI AVIA Setia Budi English Service terdiri dari empat aspek, yaitu: (1) penentuan visi dan misi hidup, (2) perencanaan dan pengorganisasian kegiatan, (3) pelaksanaan dan pengendalian kegiatan, dan (4) evaluasi dan refleksi kegiatan. Manajemen diri mahasiswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi motivasi, komitmen, disiplin, tanggung jawab, dan keterampilan. Faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, teman, gereja, dan perguruan tinggi. Manajemen diri mahasiswa memberikan dampak positif bagi pengembangan diri, prestasi akademik, dan pelayanan gereja.

Published
2023-09-30