PELATIHAN PEMBUATAN MAKANAN INOVATIF NASI GORENG TINTA CUMI BAGI PELAKU UMKM KOTA MEDAN, SUMATERA UTARA

  • Bantors Sihombing Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Binur Pretty Napitupulu Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Ivan Benedict Tambunan Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Mega Williandani Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
Keywords: UMKM, Kuliner, Medan, Penyuluhan

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki sejuta kekayaan. Mulai dari hasil alam, hasil karya anak bangsa atau kebudayaan, sampai kaya akan makanan tradisional. Begitu kayanya Indonesia, sehingga jika segala kekayaan itu diolah semaksimal mungkin akan menjadi aset bangsa yang bisa dibanggakan di kancah internasional.

Dari semua itu yang paling sering diperbincangkan adalah makanan. Banyak sekali makanan khas Indonesia, seperti sate, soto, bakso, nasi goreng, dan lain-lain. Setiap makanan itu memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Bahkan daerah juga mempengaruhi cita rasa setiap masakan tersebut. Misal soto di Kota Medan memiliki rasa yang berbeda dengan soto di daerah Makasar.

Kota Medan merupakan daerah yang dikelingi lautan. Sebagai ibukota provinsi, sangat dekat dengan Belawan. Hasil lautnya melimpah dan dapat diperoleh dengan mudah, sebab dijajakan di semua sudut. Selain itu, hasil laut juga datang dari Sibolga di Pantai Barat, dan Tanjungbalai, di Pantai Timut. Itu sebabnya warga Medan bisa dengan mudah membeli hasil laut termasuk cumi.

Published
2021-08-31