PENYULUHAN TENTANG COVID-19 DAN BAKTI SOSIAL BAGI MASYARAKAT KELURAHAN PETISAH HULU, KOTA MEDAN

  • Bantors Sihombing Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Binur Pretty Napitupulu Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Nirwaty Tarigan Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
Keywords: Covid-19, pembagian vitamin C, protokol kesehatan

Abstract

Penyebaran virus corona atau Covid-19 telah menimbulkan perubahan besar secara global, termasuk di Indonesia. Sejak pengumuman kasus kematian pertama akibat Covid-19 - pada 11 Januari di Cina dan pada 2 Februari di Filipina, pemerintah Indonesia telah mengambil sejumlah langkah dalam harapan mencegah virus masuk Tanah Air.

Kota Medan termasuk yang terdampak Covid-19. Meski tidak menerapkan PSBB, banyak kantor meliburkan karyawannya dan orang memilih lebih banyak tinggal di rumah. Dampaknya juga dialami pekerja nonformal, yang mendominasi warga Petisah Hulu Kota Medan, Sumatera Utara. APP DA sebagai kampus yang berada di wilayah tersebut terpanggil melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan penyuluhan dan bakti sosial tentang Covid-19.

Pengabdian dilakukan dengan mendatangi warga dan menyampaikan penyuluhan tentang bagaimana menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemic Covid-19 dan membagikan vitamin C. Penyuluh dan yang membagikan vitamin C berasal dari dosen-dosen APP Darma Agung.

Kesimpulan, (1) Kegiatan penyuluhan Covid-19 dan bakti sosial sangat dibutuhkan masyarakat Petisah Hulu, Kota Medan, (2) Masyarakat memerlukan bantuan sosial secara kontinu karena sebagian besar mereka kehilangan pekerjaan, dan (3)APP Darma Agung telah menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat sekitar.

Saran, (1) Pemerintah sebaiknya mengintensifkan penyuluhan tentang Covid-19 sebab banyak yang belum bahayanya. (2)2. Pembagian masker yang standar disarankan terutama bagi masyarakat bawah, (3). Bakti sosial sebaiknya tidak hanya pembagian sembako tetapi bahan makanan atau suplemen yang meningkatkan imunitas.

Published
2021-08-31