Jurnal Ilmiah Akomodasi Agung http://journal.akpardarmaagung.ac.id/index.php/JIAA <p>Jurnal Ilmiah Akomodasi Agung, AKademi Pariwisata Darma Agung</p> en-US admin@akpardarmaagung.ac.id (Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung Medan) jepronel@gmail.com (Jepo) Wed, 30 Oct 2019 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 KAJIAN PENGOLAHAN UBI KAYU MENJADI MAKANAN KUDAPAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT DESA BAJARONGGI KECAMATAN DOLOK MASIHUL KABUPATEN SERDANG BEDAGAI http://journal.akpardarmaagung.ac.id/index.php/JIAA/article/view/33 <p><em>Cassava is the main carbohydrate resource commodity and has a economic potential for the community living in Desa Bajarongi Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai. </em>Besides crops and cassava rice, it is also one of the leading commodities in an area. An assessment was conducted in April 2016 on the people of the village of Bajaronggi, Dolok Masihul Subdistrict, Serdang Bedagai District on the use of cassava for horse food. The purpose of the study is that cassava has a good prospect for processed food and can be developed as an increase in economic income through home-based businesses in the village. Survey and direct observation are the methods used in this study. Where sampling is done by sampling or by group, the data is analyzed using descriptive qualitative analysis<em>. The output of this research shows that most of the harvest of cassava is straightly processed and made cassava starch and mocaf (modified cassava flour). The community is tended to underutilization cassava. As it may recognize nowadays that cassava can be used to make variety of products like snacks, cookies and traditional cakes. The community used cassava for their own need only. The total number for cassava harvest is 272.173 tons, which means that this commodity is reasonable to be developed in different kind of processed food products and increased the financial income of the community in Desa Bajaronggi&nbsp; Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai.</em></p> Rama Indra Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Akomodasi Agung http://akpardarmaagung.ac.id/ http://journal.akpardarmaagung.ac.id/index.php/JIAA/article/view/33 Wed, 30 Oct 2019 00:00:00 +0000 TEKNIK PROMOSI PAKET WISATA RELIGI YERUSALEM DI PT. GREEN DELI HOLIDAYS TOUR &AMP TRAVEL MEDAN http://journal.akpardarmaagung.ac.id/index.php/JIAA/article/view/35 <p>Penelitian ini berjudul : Teknik Promosi Paket Wisata Religi Yerusalem Di PT. Green Deli Holidays Tour &amp; Travel Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik promosi paket wisata religi Yerusalem dan kendala yang dihadapi dalam promosi paket wisata religi Yerusalem di PT. Green Deli Holidays Tour &amp; Travel Medan. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah teknik promosi paket wisata rohani Yerusalem. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yaitu seluruh karyawan PT. Green Deli Holidays Tour &amp; Travel Medan (karena semua terlibat dalam kegiatan promosi) yang berjumlah 4 orang di tambah 1 orang pemilik. Pengumpulan data dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan melalui wawancara dan observasi. Penelitian dilakukan di :PT. Green Deli Holidays Tour &amp; Travel Medan. Jln. Menteng Raya No. 385B, Binjai, Medan Denai, Kota Medan. Website : www. Greendeliholidays.co.id . Waktu penelitian dilakukan mulai tanggal 13 Agustus – 30 Agustus 2018. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa teknik promosi belum dilaksanakan secara maksimal. Teknik promosi yang belum dilaksanakan tersebut adalah kekurangan tenaga promosi dan tidak adanya public relations yang menjaga image perusahaan termasuk produk jasa yang dipasarkan. Tenaga promosi yang ada belum handal melakukan promosi. Kekurangan tenaga promosi ini disebabkan keterbatasan biaya. Pemasangan iklan belum dilakukan padahal iklan dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas. Dalam hal penyediaan sales support sudah cukup baik karena selalu menyediakan brosur sebagai alat promosi. Perencanaan selalu dibuat sesuai prinsip sebelum promosi dilaksanakan. Hasil lain memperlihatkan bahwa penjualan paket wisata religi Yeruslem yang tidak mengalami peningkatan bukan karena penyusunan paket wisata karena penyusunan paket wisata religi Yerusalem sudah dilakukan semenarik mungkin dan sesuai kebutuhan. Kendala yang dihadapi dalam promosi paket wisata religi Yerusalem di PT. Green Deli Holidays Tour &amp; Travel Medan adalah kurangnya tenaga promosi dan tidak adanya public relation. Tenaga promosi yang ada belum semua terampil mempengaruhi calon pelanggan agar mau membeli paket wisata religi Yerusalem. Kendala berikutnya adalah harga paket wisata religi Yerusalem bila dirupiahkan terbilang mahal sehingga mereka menunda atau tidak membeli paket tersebut dengan memilih paket wisata lain atau lebih mendahulukan memenuhi kebutuhan yang lebih penting.</p> Krisna Gerda Simanjuntak Copyright (c) http://journal.akpardarmaagung.ac.id/index.php/JIAA/article/view/35 Wed, 30 Oct 2019 00:00:00 +0000 Peran Kompetensi Sumber Daya Manusia Pengelola Homestay Berbasis Entrepreneurship di Desa Silimalombu Samosir Dalam Meningkatkan Minat Wisatawan Mancanegara Berkunjung ke Kabupaten Samosir http://journal.akpardarmaagung.ac.id/index.php/JIAA/article/view/36 <p>Penelitian ini berjudul Peran Kompetensi Sumber Daya Manusia Pengelola Homestay Berbasis Entrepreneurship di Desa Silimalombu Samosir Dalam Meningkatkan Minat Wisatawan Mancanegara Berkunjung ke Kabupaten Samosir. Bermaksud mengungkap peran kompetensi sumber daya manusia pengelola homestay berbasis entrepreneurship di Desa Silimalombu Samosir dalam meningkatkan minat wisatawan mancanegara berkunjung ke Kabupaten Samosir. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif untuk mengetahui dan menggambarkan secara utuh bagaimana partisipasi masyarakat yang ada di Kabupaten Samosir dalam pembangunan dan pengembangan Pariwisata. Waktu penelitian diadakan di bulan Maret hingga Juli 2019. Peneliti sebagai instrument penelitian juga melakukan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi secara langsung ke homestay yang ada di Silimalombu Samosir. Peneliti juga melakukan studi pustaka terkait data yang dibutuhkan dari penelitian sejenis. Dari penelitian ditemukan Homestay berbasis entrepreneur ternyata menarik minat wisatawan asing berkunjung ke Samosir. Meski jumlahnya tidak signifikan karena terbatasnya kamar, Homestay Ecovillage Silimalombu sudah berkontribusi. Jika konsep ini bisa diadopsi di homestay yang berada di Samosir, dengan keunikan masing-masing, maka turis asing yang datang akan lebih banyak.</p> Bantors Sihombing, Krisna Gerda Simanjuntak Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Akomodasi Agung http://journal.akpardarmaagung.ac.id/index.php/JIAA/article/view/36 Wed, 30 Oct 2019 00:00:00 +0000 Pemanfaatan Digital Marketing dalam Industri Perhotelan di Kota Medan http://journal.akpardarmaagung.ac.id/index.php/JIAA/article/view/37 <p><em>Medan is the third largest city in Indonesia and making Medan one of the destinations for visiting business and tourism activists. To support these activities, the role of the hotel is usually needed for tourists visiting an area. Based on the North Sumatra Central Bureau of Statistics the percentage of room occupancy rates in the city of Medan, the highest average is a four-star hotel. Some four-star hotels in Medan (Adimulia, Four Points, Emerald Garden and Santika Hotels) utilize digital marketing to promote and increase occupancy rates in managed hotels. This research uses qualitative methods, by collecting various data sources through observation and literature study. The results of this study indicate that by utilizing digital marketing, hotels can increase the number of visits through reviews provided by visitors to increase the hotel profile.</em></p> Dewi Yanti Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Akomodasi Agung http://journal.akpardarmaagung.ac.id/index.php/JIAA/article/view/37 Wed, 30 Oct 2019 00:00:00 +0000 PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI SARANA USAHA PENGEMBANGAN OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KUNJUNGAN WISATAWAN KE TAMAN WISATA SITINJO KABUPATEN DAIRI http://journal.akpardarmaagung.ac.id/index.php/JIAA/article/view/38 <p>The use of digital technology is expected to help the Dairi Regency Culture and Tourism Office develop and build Objects and Attractions of the Sitmano Iman Tourism Park and how businesses attract tourists through Digital utilization so that tourist attractions are visited and know the obstacles that exist. The analytical method used is field research to find out the problem directly from the field as well as conducting library research by reading books related to research and conducting interviews both with visitors, staff and employees of the Dairi Regency Culture and Tourism Office. From the research carried out that the local government has begun to develop using Digital Information &amp; Technology but it has not been maximized and improvements to existing objects and facilities are proven by the addition of tourist facilities and attractions and it is hoped that the government can place competent human resources to manage these attractions in meaning the government positions competent and quality human resources and cooperates with travel and other private parties in addition to the use of Digital Information Technology so that the Faith Tourism Park can be well promoted and bring in more tourists.</p> Dameria Girsang, Angelia Septiani Sianga Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Akomodasi Agung http://journal.akpardarmaagung.ac.id/index.php/JIAA/article/view/38 Wed, 30 Oct 2019 00:00:00 +0000