Efektivitas Dan Efesiensi Serta Transparansi Pengelolaan Keuangan Desa Di Desa Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan Kabupaten Simalungun

  • HANDOKO HANDOKO Politeknik Pariwisata Medan
Keywords: Dana Desa, Efisiensi, Efektivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efisiensi dan efektivitas serta transparansi anggaran pengelolaan danadesadi desa tiga dolok kecamatan dolok panribuan kabupaten simalungun.Alatanalisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif kombinasi, dengan menggunakan efisiensi dan efektivitas serta transparansi anggaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat rata-rata efisiensi dana desa pada masing masing bidng dengan kriteria tidak efisien,dan tingkat rata-rata efektivitas dana desa pada msing masing bidang termasuk dalam kategori efektif..

References

Amelia, Riska, 2019. Evaluasi pengelolaan keuangan desa di desa timbungseng kecamtan pattallassang kabupaten gowa.Skripsi

Adisasmita, Rahardjo. 2011. Pengelolaan Pendapatan Dan Anggaran Daerah, Cetakan Pertama. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Julita.2013.Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Pada Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara

Jurnal. Kecamatan dolok panribuan. Laporan Target , Realisasi Dana Desa dan APB Desa Kecamatan Dolok Panribuan Tahun 20221. Kabupaten Simalungun.

Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 690.900-327 tahun 1996.

Novita, Dian, 2016. Analisis efesiensi dan efektifitas pengelolaan anggaran dana desa tahun 2015 di kecamatan leuwiliang kabupaten bogor provinsi jawa barat.skripsi

Raharjo,Try,Sjamsiar Sjamsuddin, Imam Hardjanto.2013. Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2011 Di Desa Jembul Dan Desa Sumengko Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Jurnal Wacana Vol.16,No.1.Universitas Brawijaya. Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

R.Bintarto, 2010. Desa Kota, Bandung : Alumni.

Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Setyo Budi, Daniel. 2010. Efisiensi Relatif. Universitas Indonesia

Santoso, Eko. 2011. Efisiensi dan Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Kabupaten Ngawi.

Tesis.UniversitasSebelas Maret.Surakarta.

Setyowati,Endang.2011.Analisis Efisiensi Dan Efektivitas Pengeluaran Anggaran Belanja Langsung Barang Dan Jasa Pada Dinas Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Lumajang.Tesis.Universitas Jember.

Sunandar.2011. Analisis Efektifitas Dan Efisiensi Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Pada Unit Pengelola Keuangan badan Keswadayaan Masyarakat (Upkbkm) Mandiri Sejahtera Kelurahan Panggung Kota Tegal. Politeknik Harapan Bangsa

.Tri Puspita, Devi. 2016. Analisis Efektifitas Penerimaan Pajak Restoran, PajakHotel dan Pajak Penerangan Jalan Dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Depok .Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015.

Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara.

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2015

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 93/PMK.07/2015 Tentang Tata Cara Pengalokasian, Penyaluran, Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Desa.

Widjaja, HAW. 2011. Otonomi Desa Merupakan Otonomi Yang Asli, Bulat danUtuh.

Yamuri, imam, 2017, Efektivitas pengelolaan keuangan dana desa di kecamtan bukit malintang kabupaten mandailing natal, Skripsi.

Published
2022-04-30
How to Cite
[1]
H. HANDOKO, “Efektivitas Dan Efesiensi Serta Transparansi Pengelolaan Keuangan Desa Di Desa Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan Kabupaten Simalungun”, JIAA, vol. 9, no. 1, pp. 78-89, Apr. 2022.