PELAKSANAAN PROSEDUR KINERJA RECEPTIONIST DI HOTEL ARYADUTA MEDAN

  • Mega Williandani Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Susanna Silvia Sembiring Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
Keywords: Pelaksanaan, Prosedur Kinerja, Reception

Abstract

Abstrak

Pelaksanaan prosedur adalah rangkaian tindakan atau kegiatan yang dilakukan sesuai dengan urutan langkah-langkah yang telah ditetapkan dalam suatu prosedur. Pelaksanaan prosedur bertujuan untuk memastikan bahwa suatu tindakan atau kegiatan dilaksanakan dengan cara yang tepat, efektif, efisien, dan konsisten untuk mencapai hasil yang diinginkan. Untuk mendapatkan data yang lebih akurat penulis melakukan peninjauan secara langsung ke objek yang akan diteliti dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara langsung kepada receptionist yang berjumlah sebanyak 8 orang. Tujuan penulis melakukan penelitian adalah untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan ilmu pariwisata khususnya di bidang perhotelan, dan dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman langsung di lapangan bagi penulis dan juga menjadi bahan referensi bagi pembaca yang ingin melakukan penelitian sejenis. Adapun kesimpulan yang di dapat bahwa pihak hotel masih kurang melaksanakan prosedur dengan benar sesuai dengan standard operation prosedure (SOP) dan pelaksanaan prosedur tamu check in terkadang masih dilakukan secara manual sehingga terkadang terlupa buat mengupdate di sistem reception.

Keyword : Pelaksanaan, Prosedur Kinerja, Reception

References

DAFTAR PUSTAKA

Darsono. (2003).KantorDepan Hotel. Jakarta: PT.Gramedia.

Muljadi. (2010). Kepariwisataan dan Perjalanan.Bandung: PT Rajagrafindo Persada.

Nawawi. (2005). Metode Penelitian. Yogyakarta: Gadjah Mada university Press. Soenarno. (2006). Front Office Management.
yogyakarta: andi offset.

Sugiarto. (2004). Operasional Kantor Depan Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sulastiyono. (2007). Teknik dan Prosedur Divisi kamar pada Bidang Hotel. Bandung:
Alfabeta.

Sulastiyono. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.
Published
2023-04-30
How to Cite
[1]
M. Williandani and S. S. Sembiring, “ PELAKSANAAN PROSEDUR KINERJA RECEPTIONIST DI HOTEL ARYADUTA MEDAN”, JIAA, vol. 10, no. 1, pp. 87-92, Apr. 2023.