TINJAUAN TENTANG TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB GREETER PADA RESTORAN NANGROE SAKA HOTEL MEDAN

Authors

  • Mega Williandani Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Ivan Benedict Tambunan Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung
  • Rikki Nelson Lumban Gaol Politeknik Pariwisata Palembang

DOI:

https://doi.org/10.51827/jiaa.v9i2.100

Keywords:

Keyword : Greeter, tugas greeter, peranan supervisor

Abstract

Tugas greeter di restoran adalah menyambut tamu yang datang ke restoran, mulai mengucap salam, membimbing tamu ke meja yang diinginkan, membantu tamu duduk, mengantarkan tamu dan meninggalkan restoran sampai ke pintu keluar restoran. Untuk mendapatkan data yang lebih akurat penulis melakukan peninjauan secara langsung ke objek yang diteliti dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara langsung kepada 22 orang yang terdiri dari 5 orang greeter, 1 supervisor, 1 manajer dan 15 orang tamu yang berkunjung ke restoran. Tujuan penulis melakukan penelitian adalah untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan ilmu penulisan khususnya dibidang perhotelan sebagai masukan bagi manajemen hotel khususnya dibidang restoran dalam standar operasional prosedur. Saran penulis adalah untuk terlaksananya standar operasional prosedur menyambut tamu, sebaiknya manajemen restoran agar lebih mengadakan pengawasan yang lebih ketat lagi terhadap prosedur menyambut tamu. Agar tugas dan tanggung jawab greeter lebih ditingkatkan lagi dalam pelayanannya dan mencerminkan kepribadian sikap yang baik dalam tugas dan tanggung jawab supervisor terhadap greeter dalam pelayanan greeter agar lebih maksimal dan bermutu dalam memberikan motivasi kepada greeter karena jika diabaikan begitu saja dikhawatirkan akan mengurangi tugas dan tanggung jawab greeter dalam pelayanan itu sendiri.

References

Hakim M. Faturrahman Nurul, Ani Wijayanti. 2020, Operasional Restoran dan Bar. Yogyakarta.

Marsum WA,2020, Restoran dan Segala Permasalahannya- Ed.IV. Yogyakarta: Andi.

Mertayasa I Gede Agus Mertayasa. 2020, Food & Beverage Service, Job
Preparation,Yogyakarta.

NoorJuliansyah Noor, 2017, Metodologi Penelitian.Yogyakarta.

Sinaga Firman, 2018, Restoran dan Kegiatannya,Yogyakarta : Andi

Published

2022-10-31

How to Cite

[1]
M. Williandani, I. B. . Tambunan, and R. N. Lumban Gaol, “TINJAUAN TENTANG TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB GREETER PADA RESTORAN NANGROE SAKA HOTEL MEDAN”, JIAA, vol. 9, no. 2, pp. 81-91, Oct. 2022.